Deteksi Dini Alzheimer Itu Penting

Selasa, 07 April 2015 - 17:17 WIB
Deteksi Dini Alzheimer...
Deteksi Dini Alzheimer Itu Penting
A A A
JAKARTA - Demensia Alzheimer merupakan penyakit fatal yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan membuat keputusan serta perubahan perilaku yang mempengaruhi kehidupan penderita serta keluarga yang merawat mereka.

Penyakit ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, Alzheimer belum banyak dikenal masyarakat Indonesia dan gejalanya seringkali dianggap sebagai suatu hal yang wajar terjadi di usia tua.

"Penyakit Alzheimer tidak terdeteksi sejak dini, sehingga laju perkembangan penyakit tidak sempat diperlambat, dan pada akhirnya dapat mengurangi kualitas hidup penderita sera caregivers atau orang-orang yang mendampingi penderita," papar Direktur OnTrackMedia Indonesia Imelda Theresia, di Erasmus Huis, Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Ada lebih dari 44 juta Orang Dengan Demensia (ODD) di seluruh dunia, di mana setiap 4 detik muncul kasus baru di suatu tempat di dunia. Di Indonesia, estimasi jumlah ODD sebanyak 1 juta orang, dan akan meningkat menjadi 2 juta di tahun 2030 dan 4 juta di tahun 2050.

Alzheimer merupakan penyakit yang kerap menyerang orang tua sekitar usia 65 tahun ke atas. Penyakit ini mematikan sel saraf di dalam otak sehingga penderitanya tidak dapat beraktivitas sendiri. Pada stadium lanjut, seluruh aktivitas penderita akan sangat bergantung pada orang lain.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)